Jumat, Mei 07, 2010

tentang bunga dandelion

href="file:///C:%5CDOCUME%7E1%5Cepi%5CLOCALS%7E1%5CTemp%5Cmsohtmlclip1%5C01%5Cclip_filelist.xml">

Bunga dandelion, atau yang lebih suka saya sebut bunga tanpopo (bahasa Jepang)..adalah bunga yang menyenangkan..soalnya saat kita meniup bunga tersebut..terbanglah parasut-parasut berbulu yang indah. Tanpopo adalah sejenis bunga liar, yang tumbuh-tumbuh sendiri tanpa kita menanamnya, karena perkembangbiakkannya dibantu oleh angin. Berikut ini akan saya jelaskan tentang bunga liar ini.

Dandelion adalah bagian dari Taraxacum, sebuah genus besar dalam keluarga Asteraceae. Nama dandelion sendiri biasa digunakan untuk merujuk kepada sebuah tumbuhan yang memiliki "bunga" yang memiliki "bunga-bunga" kecil yang terbang ditiup angin. Asal asli dari tumbuhan ini adalah Eropa dan Asia, namun sudah menyebar ke segala tempat. Yang disebut sebagai bunga dari tumbuhan ini menjadi semacam jam hayati yang secara teratur melepaskan banyak bijinya. Biji-biji ini sesungguhnya adalah buahnya. Taraxacum menghasilkan biji aseksual oleh apoximis, di mana benih tersebut diproduksi tanpa penyerbukan, sehingga keturunan yang secara genetic identik dengan tanaman induk.

Deskripsi Dandelion

Daunnya 5-25 cm atau lebih, sederhana dan basal, membentuk roset akar tunggang di atas pusat. Kepala bunga berwarna kuning sampai oranye, membuka pada siang hari, namun menutup pada malam hari. Kepala ditanggung sendiri-sendiri oleh sebuah batang berongga (batang) yang naik 4-75 cm di atas daun dan memancarkan susu getah ( lateks ) bila patah. Sebuah roset mungkin menghasilkan beberapa batang berbunga pada suatu waktu. Kepala bunga berdiameter 2-5 cm dan seluruhnya terdiri dari sinar kuntum . Bunga yang matang berubah menjadi kepala jam berbentuk bulat yang berisi buah-buahan unggulan tunggal banyak disebut achenes . Setiap achene terpasang ke pappus dari bulu-bulu halus, yang memungkinkan penyebarannya dibantu-angin jarak jauh.

Kepala bunga dikelilingi oleh bracts (kadang-kadang keliru disebut daun) dalam dua seri. Bagian dalam bracts tegak sampai benih matang, lalu tekukkan ke bawah untuk memungkinkan benih untuk menyebar, bracts luar selalu menekuk ke bawah. Beberapa spesies menurunkan ‘parasut’ dari achenes(yang seperti parasut rambut disebut pappus) dan mereka adalah daun yang telah dimodifikasi. Antara pappus dan achene, ada sebuah tangkai yang disebut paruh, yang memanjang sebagai buah yang matang. Paruh itu terputus dari achene dengan cukup mudah,lalu memisahkan biji dari parasut.

Penyebaran benih dandelion

Sejumlah spesies Taraxacum dianggap sebagai tanaman liar, khususnya dandelion umum (T. officinale), yang telah diperkenalkan di banyak negara beriklim sebagai tanaman liar sejenis rumput. Setelah penyerbukan dan pembungaan selesai, bunga dandelion biasanya kering selama satu atau dua hari kemudian benih-bantalan parasut meluas dan mengangkat kepalanya dari bunga kering. Bagian dari bunga yang kering jatuh dan bola parasut membuka ke lingkup penuhnya. Seringkali dandelion diamati tumbuh di celah-celah dekat dinding; ketika buah tertiup menghantam dinding, berasal dari bulu pappus, menjatuhkan benih dandelion ke dasar dinding atau ke sebuah celah. Setelah benih dilepaskan, parasut kehilangan struktur berbulu dan berubah tampilan, seperti kapas, sering disebut "salju dandelion".

Dandelion digunakan sebagai makanan oleh larva beberapa spesies, seperti Lepidoptera ( kupu-kupu dan ngengat ).

Jauh dari daerah asal mereka, beberapa spesies dandelion telah tersebar di Amerika , Australia , dan Selandia Baru , dan kini di semua daerah beriklim sedang, Taraxacum officinale telah meluas ke seluruh dunia sebagai tanaman liar…yang indah (menurut saya lhoo!!!).

Asal nama

Nama Bahasa Inggris dandelion adalah dari bahasa Perancis dent de lion yang berarti gigi singa, mengacu pada gerigi kasar daun . Nama-nama tanaman itu memiliki arti yang sama di beberapa lain bahasa-bahasa Eropa , seperti Welsh llew y dant, Italia dente Di Leone, Catalan dent de lleó, Spanyol diente de León, Portugis dente-de-leão, Norwegia Løvetann, Denmark Løvetand dan Jerman Löwenzahn.

Dalam bahasa Perancis modern, tanaman bernama pissenlit, (atau Pisse au Lit Fr vernakular). [14] Demikian pula, "pissabeds" adalah penamaan orang Inggris untuk tanaman ini, seperti piscialletto dalam bahasa Italia dan Spanyol meacamas. Nama-nama ini mengacu pada efek diuretik kuat dari akar rempah-rempah, dipanggang atau mentah / segar. Dalam berbagai dialek timur-utara Italia tanaman ini dikenal sebagai pisacan (anjing), mengacu pada cara umum mereka ditemukan di sisi trotoar .

Dalam beberapa bahasa Eropa, atau setidaknya bola parasut nya, dinamai popular oleh anak-anak dari hobi meniup parasut dari kepala bunga: Pusteblume ( Jerman untuk "meniup bunga"), soffione ( Italia untuk "meniup", dalam beberapa dialek Italia utara), dmuchawiec ( Polandia , berasal dari kata kerja "pukulan"). Di Belanda disebut paardebloem, yang berarti "kuda-bunga". Di Cina disebut "蒲公英" (pu gong ying diucapkan), yang berarti bunga yang tumbuh di ruang publik di tepi sungai. Di Jepang , adalah tanpopo (タンポポ ).

Sifat Gizi

Daun Dandelion mengandung jumlah berlimpah vitamin dan mineral, terutama Vitamin A, C dan K, dan merupakan sumber kalsium yang baik (0,19% berat bersih), kalium (0,4% berat bersih) dan jumlah wajar besi dan mangan [23] , lebih tinggi dari sayuran berdaun mirip seperti bayam. Dandelion mengandung protein 15% dan 73% karbohidrat, 37% di antaranya adalah serat (27% dari serat daun). Daun juga mengandung sejumlah kecil dati dua lusin nutrisi lainnya, dan merupakan sumber penting beta karoten (0,03% berat bersih), lutein dan zeaxanthin (gabungan 0,066% berat bersih). Secangkir daun dandelion berisi rekomendasi harian 112% vitamin A, 32% vitamin C, dan 535% vitamin K dan kalium 218 mg, 103 kalsium mg, dan 1,7 mg besi. Dandelion juga merupakan sumber yang sangat baik dari vitamin H , yang terbukti membantu menurunkan berat badan bila tertelan.

0 komentar:

Posting Komentar

 

me-myself | Creative Commons Attribution- Noncommercial License | Dandy Dandilion Designed by Simply Fabulous Blogger Templates